Mengenal Sekilas Tentang Backlink Do Follow dan Backlink No Follow

Pengertian Backlink Do Follow dan Backlink No Follow

Kamu tentu sudah tahu tentang backlink secara umum. Namun tahukah kamu? Ada berapa jenis backlink yang biasa digunakan. Biasanya backlink diklasifikasikan ke dalam dua jenis, yaitu backlink do follow dan backlink no follow. Meskipun terdengar sama, namun kedua backlink tersebut, memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Penasaran dengan perbedaan keduanya? Mari perhatikan perbedaannya dari ulasan-ulasan berikut ini.

Pengertian Backlink Do Follow dan Backlink No Follow

Sebelum mengenal lebih lanjut tentang backlink do follow dan backlink no follow, alangkah baiknya bila kamu mengetahui terlebih dahulu, pengertian dari keduanya. Sebab pepatah mengatakan, tak kenal maka tak sayang. Jadi ketahui dahulu pengertiannya baru pelajari bagian lainnya.
Dilihat dari namanya kita dapat mengetahui bahwa backlink do follow adalah sebuah tautan balik yang melakukan sesuatu dengan diikuti. Dalam bahasa yang lebih sederhana bisa diartikan sebagai tautan yang mengikuti. Sehingga, ketika kamu melihat sebuah link yang tertaut pada sebuah konten atau postingan lain, artinya situs yang kamu lihat telah mengikuti link tersebut. Hal ini disebabkan ketika proses perayapan googlebot akan melakukan pengindeksan link dengan atribut-atribut tersebut, sampai ke inti-intinya.
Sedangkan backlink no follow terdiri dari dua suku utama, yaitu no dan follow yang dapat diartikan, tidak mengikuti. Sehingga backlink no follow adalah tautan balik yang tidak akan diindeks sama sekali oleh google. Hal ini dikarenakan, ketika link di dalam sebuah postingan dipasang secara no follow maka google tidak melakukan pengindeksan walaupun telah melakukan crawl.

Pengertian Backlink Do Follow dan Backlink No Follow

Perbedaan Backlink Do Follow dan Backlink No Follow

Dari pengertian backlink do follow dan no follow yang telah dijelaskan sebelumnya, sebenarnya perbedaan antara kedua jenis backlink ini, sudah sangat jelas. Backlink do follow merupakan link yang nantinya akan mendapatkan poin bila dirayapi oleh google bot. Sedangkan backlink no follow merupakan kebalikannya, link tidak akan mendapatkan poin walaupun google bot merayapinya berkali-kali.
Namun, selain dari perbedaan pengertian tersebut, apa sih perbedaan paling menonjol dari kedua jenis backlink ini? Perbedaan paling mencolok dari backlink no follow dan backlink do follow terbagi ke dalam dua kategori. Perbedaan-perbedaan tersebut, meliputi :

  1. Pembuatan Jenis Link
    Link do follow adalah pengaturan default dari sebuah situs blog. Sehingga, bila kamu ingin membuat sebuah konten dengan link do follow kamu tidak perlu melakukan pengaturan lagi. Karena ketika kamu membuat postingan artikel ataupun konten lain dalam blog, maka secara otomatis artikel atau konten tersebut, menjadi do follow.
    Sedangkan hal yang berbeda terjadi pada link no follow. Untuk membuat link no follow kamu harus melakukan beberapa langkah. Salah satunya adalah dengan menambahkan atribut rel=”no follow”.
  2. Berdasarkan Jumlah Spam
    Perbedaan yang sangat mencolok juga dapat dilihat dari perbedaan jumlah spam. Biasanya link no follow dapat digunakan untuk mengurangi spam. Sedangkan link do follow dapat memperbanyak jumlah spam.

Itulah beberapa perbedaan antara backlink no follow dan backlink do follow. Bagaimana menurut kamu? Manakah jenis backlink yang lebih menarik dan menguntungkan?

Cara Mengetahui Jenis Backlink

Setelah mengetahui jenis-jenis backlink, lalu bagaimana cara kita untuk mengetahui jenis backlink dari suatu konten? Penasaran dengan cara untuk menentukan jenis-jenis backlink? Yuk, simak beberapa caranya berikut ini.

  • Memasang Add On Mozilla Firefox
    Cara mengecek jenis backlink dengan Add On Mozilla Firefox tidak rumit. Kamu hanya perlu membuka backlink di Mozilla Firefox kemudian pasang Add On. Lalu klik kanan pada backlink dan pilih menu NoDoFollow. Jika muncul link berwarna biru maka itu backlink do follow. Sedangkan bila link berwarna merah berarti back link no follow.
  • Dengan Inspect Elemen
    Inspect elemen adalah salah satu alternatif yang biasanya digunakan untuk memperbaiki tampilan dari sebuah blog. Namun, ternyata fungsi inspect elemen tak hanya itu. Inspect elemen juga bisa digunakan untuk mengetahui jenis dari sebuah backlink. Tapi, bagaimana caranya?Cara untuk mengecek jenis backlink dengan inspect elemen tidak sulit. Kamu hanya perlu mengklik kanan pada backlink yang akan kamu cek jenis link nya. Kemudian akan muncul sebuah kotak. Bila terdapat atribut dari backlink no follow maka backlink tersebut berjenis no follow. Begitu pula sebaliknya. Bila tidak ada atribut maka itu merupakan backlink do follow.